Sabtu, 28 September 2013

Mesir, Tak Hanya Punya Piramida

Saat mendengar kata Mesir, piramida pasti langsung terbayang di benak kita. Mesir memang punya banyak piramida hebat, yang membuat banyak orang takjub. Selain itu, ada banyak hal lain yang tak kalah menarik, loh..

Piramida di Giza
Enggak salah kalau piramida ini termasuk salah satu dari 7 keajaiban dunia. Kenapa? Hmmmm, karena piramida ini memang sangar luar biasa. Yuk, kita lihat Piramida Agung atau The Great Pyramid yang paling besar di Giza. Tingginya hampir mencapain 140 meter. Bangunan ini disusun dari sekitar 2,6 juta buah batu besar. Setiap batu raksasa beratnya bisa mencapai 2.000 kg, loh! Ckckck, gimana mengangkutnya ya? Apalagi piramida ini dibangun sekitar tahun 2560 SM. Pastinya, belum ada alat-alat canggih seperti sekarang.

The Great Pyramid of Giza

Menurut kepercayaan orang Mesir zaman dahulu piramida-piramida ini dibuat sebagai tangga menuju surga. Hmmm, pantas saja bangunan ini dibuat sangat tinggi. Kalau raja Mesir atau Firaun wafat, mereka akan dimakamkan dalam piramida ini. Lalu, mereka percaya rohnya akan terbang ke angkasa. Kalau mau lihat yang lain, Mesir punya lebih dari 100 piramida, loh!

Sesudah melihat piramida, jangan lupa melihat sphinx. Ini patung singa berkepala manusia. Patung singa ini menggambarkan kekuatan raja-raja di Mesir. Sphinx tertua dan terkenal di sana tingginya 21 meter dan panjangnya 74 meter.

Sphinx

Naik Unta
Keliling kawasan piramida sambil naik unta asyik juga, loh. Selain menghemat tenaga, naik unta memang jadi salah satu daya tarik di sana. Ssst, kalau penumpangnya mau naik, unta itu akan duduk dulu. Ikan akan melipat lututnya, lalu duduk. Setelah penumpang duduk, barulah ia akan berdiri. Kalau sudah sampai di tujuan, begitu lagi. Untanya akan duduk dulu. Nah, barulah penumpangnya boleh turun. Lengkap sudah, jalan-jalan di padang gurun sambil naik unta.
Hmmm, tapi jangan lupa, sebelum naik unta, harus tawar-menawar dulu. Kalau tida, bisa-bisa kita diminta membayar sangat mahal.

Kairo dan Alexandria
Ibukota Mesir itu Kairo. Kota ini merupakan kota terbesar di benua Afrika dan Arab. Di kota ini terdapat banyak sekali bangunan kuno nan megah. Salah satunya adalah Universitas Al Azhar. Daya tarik lain kota ini adalah wisata menyusuri sungai Nil dan  menara Kairo atau Cairo Tower, yang tingginya 187 meter.

Kota terbesar kedua setelah Kairo adalah Alexandria. Kota ini dikenal dengan Iskandariah. Keindahan pemandangan di sana membuat kota ini punya julukan The Pearl of the Mediterranean atau Mutiara Mediterania.

Kota ini berbatasan dengan laut Mediterania. Pantainya sangat indah. Letaknya yang strategis membuat kota ini jadi pusat perdagangan. Tak heran kota ini jadi kota yang sangat ramai dan modern.

Oya, zaman dahulu, di kota ini juga ada mercusuar Pharaos atau Lighthouse of Alexandria. Dulu, mercusuar ini termasuk dalam 7 keajaiban dunia. Sayang, mercusuar itu kini tinggal kenangan.

sumber : Majalah Bobo Edisi 47 Tahun XXXVII
Share:

0 Comments:

Posting Komentar