Selasa, 11 Juni 2013

Anggrek Harum yang Melezatkan

Harumnya semerbak setiap saat. Harumnya juga melezatkan makanan. Tak heran kalau keharuman Vanilla planifolia disukai banyak orang.

Vanilla Planifolia
Teman - teman kenal sama itu? Belum?! Kalau es krim vanila? Hmm, kalau itu pasti tau! Nah, vanilla planifolia ini nama latinnya tanaman vanili. Itu, loh, bubuk putih yang sangat harum. Biasanya ibu menggunakannya untuk membuat kue. Bisa juga, vanili dicampur pada minuman atau jadi salah satu campuran es krim vanila. Hmm, baunya harum akan menambah kelezatan makanan dan minuman, Ya, memang itulah salah satu manfaat vanili. Selain itu sebenarnya vanili punya manfaat lain. Seperti, sebagai bahan pembuat minyak wangi dan kosmetik.


Vanilla Planifolia
Tumbuhan Rambat
Tanaman vanili adalah salah satu jenis anggrek. Dari sekitar 20.000 jenis anggrek, vanili merupakan satu - satunya anggrek yang bisa dimakan. Vanili termasuk jenis tanaman merambat. Kalau tidak ada tiang untuk rambatannya, ia akan merambat pada batang pohon.
Bunga anggrek vanili warnanya kuning kehijauan. Bunga vanili mekar bergerombol dan mengeluarkan aroma harum. Uniknya, setiap bunga vanili mekar sekali dalam setahun.
Mekarnya pun hanya satu hari saja. Itu pun tak sehari penuh, hanya beberapa jam saja.
Sesudah berbunga, terus berbuah? Yup. Namun, vanili ini termasuk tanaman yang harus dibantu penyerbukannya. Di Meksiko negara asalnya, penyerbukan vanili dibantu oleh serangga. Kalau di perkebunan, para petanilah yang membantu penyerbukan vanili. Kalau seperti polong. Panjangnya bisa mencapai 20-25 cm. Buah itu akan matang dalam waktu 6 bulan. Kalau sudah matang, warnanya cokelat tua.

Biji Vanili
Di dalam buah vanili yang sudah matang, terdapat banyak sekali biji yang sangat kecil ukurannya. Nah, biji inilah yang kemudia diolah untuk dijadikan bahan penambah keharuman dan rasa makanan.
Ssstt, tapi pengolahan buahnya tidak mudah, loh. Buah vanili yang sudah matang itu harus dikeringkan dulu. Sesudah kering, barulah buah itu mengerluarkan aroma dan rasa vanili. Semakin lama dikeringkan, harumnya akan semakin semerbak. Prosesnya yang panjang itulah, yang membuat vanili mahal harganya.

biji vanili

Pada zaman dahulu, minuman cokelat beraroma vanili menjadi minuman elit di istana Ratu Elizabeth di Inggris.

sumber : Majalah Bobo Edisi 51 Tahun XXXVII
Share:

1 komentar: