Selasa, 25 Juni 2013

Merawat Tablet Agar Awet

Kita mudah sekali berselancar di dunia maya dengan Tablet PC. Benda kecil itu sanggup menyimpan jutaan informasi yang dapat kita lihat sewaktu-waktu. Agar tablet kita awet, kita mesti tahu bagaimana cara merawatnya.

1. Layar tablet adalah bagian paling penting. Sebab, kita menggunakan tablet dengan cara menyentuh layarnya. Agar layar tablet kita awet, maka jangan biarkan layar tablet terkena terik Matahari. Sinar matahari yang terlalu panas bisa membuat layar tabletmu mudah rusak.

2. Jangan letakkan tablet dekat benda-benda bermagnet. Sebab, itu dapat merusak layarnya.

3. Bersihkan layar menggunakan kain pembersih yang halus dan lembut. Bersihkan layar tablet ketika sedang tidak menyala.

4. Berilah layar tabletmu pelindung. Jangan biarkan ia tergeletak begitu saja tanpa pelindung. Apalagi di tempat yang kotor berdebu. Jika layar tabletmu berdebu, jangan langsung diusap dengan kain, apalagi ujung kaos atau baju. Gunakan peniup debu untuk membuat depu yang melekat pada layar. Setelah debu-debu kasarnya terbang, baru usaplak layar menggunakan kain atau tisu khusus untuk tablet.

5. Jangan meninding tablet dengan benda-benda berat. Sebab, tablet dirancang tidak untuk menahan benda berat.

6. Jauhkan dari hujan, udara lembab, rice cooker, dandang presto, dan barang-barang yang menghasilkan uap air.

7. Tablet adalah komputer yang sangat tipis. Ruangan di dalamnya sangat sempit. Akibatnya, mesinnya jadi cepat panas. Karena itu, hawa panasnya perlu dikeluarkan agar mestin tidak cepat rusak.

8. Agar hawa panas keluar dengan lancar, lubang angin jangan sampai tertutup atau kemasukan debu. Ketika menyala, jangan letakkan tablet di atas alas yang terlalu lembut, seperti selimut, karpet, atau bantal. Itu juga dapat menghambat lalu lintas udara panas.

9. Simpan tablet di tempat yang suhunya normal. Jangan simpan di tempat terlalu dingin, misalnya 0 derajat celcius. Jangan juga disimpan ditempat yang suhunya lebih dari 50 derajat celcius.

10. Lindungilah tablet kamu dengan sarung karet atau sejenisnya agar tidak mudah rusak jika terbentur sesuatu.

11. Gunakan baterai dengan tepat. Perhatikan cara yang benar untuk mengisi baterai. Isilah baterai ketika sudah hampir habis, tetapi jangan sampai benar-benar mati. Isilah sampai pnuh. Namun, segera cabutlah charger jika sudah penuh. Membiarkan arus listrik terus masuk dapat membuat baterai cepat panas dan mudah rusak.

Itulah bebeapa tips penting merawat tablet yang sebaiknya kita perhatikan.
Semoga bermanfaat ^_^

sumber : Majalah Bobo Edisi 34 Tahun XXXVII
Share:

0 Comments:

Posting Komentar