Kamis, 27 Juni 2013

Bahasa Manusia

Sejak dulu Ilmuwan penasaran kenapa manusia punya bahasa. Ada Ilmuwan yang meneliti melalui asal usul bahasa. Namun, asal usul bahasa tidak dapat menjelaskan kenapa manusia punya bahasa, tapi binatang tidak punya bahasa. Misalnya, lebah memberitahu lebah lain melalui tarian lebah. Bukan dengan kalimat "Hai, di sini ada bunga".

Ilmuwan menduga otak bertanggung jawab pada kemampuan bahasa manusia. Kenapa begitu? Karena otak-lah yang menyebabkan manusia berbeda dari binatang. Otak manusia berkembang tiga kali lipat dari ukuran otak binatang. Otak manusia memiliki 11,5 milyar sel otak dan serabut otak lebih tebal dibanding binatang. Serabut otak ini menyebabkan manusia dapat mengolah informasi sangat cepat dibanding binatang. kecepatan otak mengolah informasi menyebabkan manusia dapat membuat bahasa. Simpanse dan burung nuri dapat meniru bahasa manusia. Namun, kepandaian simpanse dan burung nuri hanya sama dengan manusia berumur 3 tahun.

Manusia mengalami kemajuan bahasa sangat pesat saat berumur 3 tahun. Pada umur 3 tahun, otak bagian depan inilah yang bertanggung jawab pada bahasa. Ilmuwan menyebut otak bagian bahasa sebagai daerah Brocca. Uniknya, daerah Brocca hanya dimiliki manusia. Oleh karena itu, hanya menusia yang bisa membuat bahasa. Ssst, kemampuan bahaa manusia baru berkembang 100.000 tahun yang lalu, loh. Bandingkan, spesies manusia pertama kali muncul 5 juta tahun yang lalu. Wah, berarti belum lama juga manusia punya bahasa!

sumber : Majalah Bobo Edisi 34 Tahun XXXVII
Share:

0 Comments:

Posting Komentar