Selasa, 11 Juni 2013

Tradisi Makan Bersama

Makan adalah kegiatan yang menyenangkan. Orang Corsica memegang teguh tradisi makan bersama keluarga. Tradisi makan di Corsica sangat asyik, loh. Yuk, kita lihat asyiknya tradisi makan bersama di Corsica.....

Gara-gara Kacang Kastanya
Katanya, orang Corsica suka makan bersama gara-gara buah chesnut atau buah kastanya. Pohon kastanya banyak tumbuh di Corsica. Bentuh buah kastanya seperti buah rambutan yang merekah. Di dalam buah kastanya ada biji yang sangat gurih. Biji lezat ini disebut kacang chesnut atau kastanya.

Kacang kastanya

Kacang kastanya dari Corsica sangat terkenal di dunia. Kacang kastanya diekspor jadi berbagai makanan. Ada kue dari tepung kacang kastanya dan permen cokelat kacang kastanya. Yang paling terkenal adalah camilan kacang bakar kastanya. Hmm, kacang kastanya jadi sumber makanan dan kegembiraan orang Corsica sejak ratusan tahun.

Harum Gurih
Tradisi makan bersama di Corsica diawali dengan memetik buah kastanya di kebun. Ssst, anak - anak Corsica ingin sekolah cepat usai. Mereka tidak sabar memetik buah kastanya. Ada yang memunguti buah kastanya yang jatuh di rumput. Ada yang mengambil pakai galah atau tangga.
Keluarga lalu berkumpul dan membuah kulit buah kastanya. Api unggun dinyalakan untuk membakar kacang kastanya. Mmmm, baunya wangi sekali. Sangat enak. Nyam...nyam...keluarga Corsica makan kacang kastanya sambil ngobrol dan melepas lelas. Mirip orang Indonesia makan kacang goreng.

Bikin Kangen
Kacang bakar kastanya itu baru camilan, loh. Untuk acara makan bersama, kacang kastanya digiling sampai lembut. Anak-anak Corsica paling semangat menggiling kacang kastanya. Soalnya, mesin gilingnya digerakkan kincir angin. Rrrrr....dari mesin giling keluar tepung kastanya. Anak-anak bangga jika berhasil menggiling tepung.

Bersama nenek dan ibu, anak - anak membuat kue dadar dari tepung kastanya. Namanya kue Necci. Baru setelah itu, semua keluarga duduk di meja makan dan makan bersama. Semua bergembira. Semua ramai bercerita tentang asyiknya mencari buah kastanya.
Wuaaaaah, pantas saja, orang Corsica selalu kangen makan bersama keluarga, ya. Soalnya mereka punya obrolan seru saat makan bersama. Sampai kini tradisi makan bersama keluarga di Corsica tetap ada, meskipun tradisi itu sudah berusia 500 tahun.

sumber : Majalah Bobo Edisi 28 Tahun XXXVII
Share:

1 komentar: