Selasa, 11 Juni 2013

Venesia, Ratu Adriatic yang Cantik

Ratu Adriatic adalah julukan kota Venesia. Julukan ini diberikan karena kota yang terletak di tepi Laut Adriatic ini pernah menjadi kota penting dan terkenal cantik.

Kota Kanal
Venesia adalah daerah istimewa di negara Italia. Kota ini terkenal akan keindahan bangunan dan banyaknya kanal atau sungainya. Sungai menjadi jalur lalu lintas utama di Venesia. Fungsinya persis jalan raya di kota - kota kita. Ada lebih dari 150 sungai di Vanesia. Oleh karena itu Venesia dijuluki kota kanal.

Suasana lalu lintas di sungai.

Ratusan Pulau dan Jembatan
Kota Venesia dibangun di atas lebih dari 120 pulau kecil di tepi laut Adriatic. Gedung - gedung tidak langsung dibangun di atas tanah karena pulang - pulau kecil itu berlumpur. Orang Venesia terlebih dulu menancapkan kayu - kayu oak di dalam tanah agar tanah tidak terlalu lembek. Setelah rumah dan gedung - gedung berdiri, lalu mereka membangun jembatan yang menghubungkan antarpulau. Total jumlah jembatan di Venesia rata - rata dibangun melengkung cukup tinggi agar dapat dilewati perahu di bawahnya.

Pulau Venesia

Ponte di Rialto 
Kota Venesia dibelah dua oleh aliran sungai besar yang disebut The Grand Canal (sungai utama). Grand Canal ini berbentuk "S". Ada tiga jembatan besar yang dibangun di atas sungai utama ini. Jembatan yang paling terkenal adalah Ponte di Rialto.
Ponte di Rialto adalah jembatan batu yang dibangun pada abad ke-16. Jembatan itu unik. Sebab, di jalur tengah jembatan itu dibangun toko kecil yang berderet. Pejalan kaki lalu lalang di sebelah kanan dan kiri toko. Toko - toko itu menjual perhiasan, kain, kerajinan, kaca, dan lain-lain. Jembatan ini nampaknya dibuat khusus bagi pejalan kaki, sebab, dibangun berundak - undak.

Jembatan Ponte di Rialto

Seperti Kota Terapung
Pulau - pulau kecil di Venesia seluruhnya sudah tertutup bangunan. Tidak nampak ada tanah kosong di sana. Itulah kenapa gedung - gedung di Venesia seolah terlihat dibangun di atas air. Padahal, kenyataannya tidak begitu. Bangunan gedung di Venesia rata - rata umurnya sudah ratusan tahun.

Venesia terlihat dari udara

Bentuk gedung yang masih asli dari zaman dulu membuat pemandangan di Venesia terlihat semakin unik.

Gondola Venesia
Venesia tak dapat dipisahkan dari gondola. Gondola adalah sebutan untuk perahu kecil berdayung panjang. Ini adalah alat transportasi air yang disukai banyak turis. Semua gondola di Venesia bercat hitam, kecuali gondola orang - orang penting. Konon, pemberian warna hitam itu adalah peraturan yang sudah dibuat sejak dulu.
Gondola sudah ada sejak dulu. Gondola dibuat dari kayu dan dikerjakan dengan tangan. Kayu yang biasa digunakan untuk membuat gondola adalah fir, oak, cherry, walnut, elm, mahogany, larch, dan lime. Para pemilik gondola benar - benar menjaga kebersihan gondolanya. Mereka secara rutin memoles gondola mereka dengan semir hingga mengkilat.

Gondola Venesia

Gondola Berijazah
Gondola dikemudikan oleh gondolier. Gondolier tidak sama dengan tukang perahu biasa, meskipun pekerjaannya sama-sama mendayung perahu. Untuk menjadi gondolier, seseorang harus lulus tes terlebih dahulu. Tes itu meliputi sejarah Venesia, sejarah bangunan-bangunan penting, bahasa asing, dan keterampilan mengemudikan gondola. Jika mereka lulus tes, mereka mendapat SIM gondola. Syarat ini ditetapkan agar para gondolier dapat berperan sebagai pemandu wisata.


sumber : Majalah Bobo Edisi 51 Tahun XXXVII
Share:

0 Comments:

Posting Komentar