Senin, 10 Juni 2013

Kenal Dulu, Baru Suka

Ada enggak, pelajaran yang kamu tidak suka? Ada enggak, pelajaran yang susah kamu mengerti? Hmm, ada caranya supaya kamu jadi suka. Mau coba?

Kumpulkan Informasi
Mari membuat kliping tentang sebuah tema pelajaran, misalnya tema Padang. Lalu, carilah sebanyak - banyaknya informasi tentang Padang. Boleh berupa foto, gambar, tulisan, puisi, dan banyak lagi. Kamu bisa mendapatkannya dari majalah, koran, mencari di internet, dan banyak lagi.
Setelah bahan terkumpul, susun dalam lembaran - lembaran karton yang sudah dipotong - potong.
Biar tambah bagus, hiaslah setiap halaman karton itu. Terakhir, satukan lembaran - lembaran karton seperti sebuah buku.

Sesudah selesai, bacalah lagi kliping. Hmm... pasti kamu jadi lebih tahu tentang Padang. Informasi yang sudah kamu kumpulkan juga lebih mudah diingat. Tanpa sadar, kamu sudah belajar tentang sesuatu!

Latihan Belajar
Kliping tadi hanya sebuah contoh saja. Yang penting, kamu tahu bahwa untuk bisa menyukai, harus mengenal dulu.

Cobalah mengenal pelajaran -  pelajaran yang diberikan di sekolah. Caranya tidak perlu harus harus dengan membuat kliping, loh. Kamu bisa melakukannya dengan membaca bahan pelajaran. Lalu, cari tambahan informasi lain yang mendukung pelajaran itu, misalnya dari internet. Bila ada yang tidak jelas kamu bisa mendiskusikannya dengan teman atau guru.

Jika ini kamu lakukan terus, kamu akan terbiasa untuk mencari tambahan pengetahuan di luar yang sudah diberikan di kelas. Kamu juga terbiasa untuk memperdalam sendiri pelajaran di kelas. Istilahnya kerennya, kamu jadi pelajar mandiri.

Menyukai semua pelajaran, itu wajib bagi anak sekolah. Supaya kita suka, kita mesti mau mengenalinya lebih dalam. Nanti, kalau sudah suka, pelahaan pun akan jadi terasa mudah.

sumber : Majalah Bobo Edisi 51 Tahun XXXVII
Share:

0 Comments:

Posting Komentar