Senin, 08 Juli 2013

Galaksi di Alam Semesta

Galaksi adalah kumpulan planet, bintang, dan awan gas (nebula). Di alam semesta ada banyak galaksi, selain galaksi bima sakti dan Adromeda. beberapa galaksi bisa dilihat dengan teleskop kecil. Misalnya, galaksi Andromeda dan galaksi Magellan. Namun, banyak galaksi yang hanya bisa dipotret dengan teleskop yang sangat besar karena jaraknya sangat jauh dari Planet bumi. Hmm, kita mesti berterima kasih pada teleskop Hubble yang telah bekerja keras selama 19 tahun memotret ribuan galaksi tanpa lelah.

Sampai saat ini, astronom telah menemukan ribuan galaksi di alam semesta. Astronom sampai kesulitan memberi nama galaksi saking banyaknya. Akibatnya, astronom  memberi nama galaksi dengan kode-kode huruf dan angka. Nama galaksi yang berupa kode huruf dan angka disebut nama katalog. Contoh nama katalog adalah galaksi M81.

Bentuk galaksi juga bermacam-macam, loh. Ada yang berbentuk cakram spiral, ada yang berbentuk elips. Kadang-kadang galaksi yang berdekatan saling bergabung jadi satu. Katanya, saat bergabung jadi satu, galaksi seperti melakukan sebuah tarian di alam semesta. Tarian galaksi itu tampak menakjubkan. Indah sekali...

sumber : Majalah Bobo Edisi 08 Tahun XXXVII
Share:

0 Comments:

Posting Komentar