Senin, 01 Juli 2013

Tikus Hidung Bintang

Dari namanya, kau pasti bisa menebak apa keistimewaan hewan ini! Hihihi.. Coba baca namanya, lalu perhatikan hidungnya. Naahh, betul, kan? Hewan ini memang istimewa.

22 Tentakel
Tikus tanah ini bernama latin Condylura Cristata. Namun, tikus ini lebih terkenal dengan nama tikus hidung bintang.

Sesuai namanya, tikus ini memiliki hidung dengan tentakel-tentakel kecil yang mekar seperti bintang. Jumlah tentakel di hidungnya ada 22 buah.

Selain berhidung unik, tampang tikus ini memang tak mirip tikus biasa. Kakinya besar, ekornya panjang dan tebal, serta matanya hampir buta!

Sensi, Deh!
Meski tak memiliki kemampuan melihat, tikus hidung bintang memiliki kemampuan lain yang luar biasa. Tentakel-tentakel di hidungnya sangat sensitif. Ada sekitar 25.000 organ sensor pada 22 tentakelnya. Tentakel itu dilapisi oleh organ-organ sensor yang disebut organ Eimer.

Nah, organ-prgan sensor yang sangat peka ini digunakan tikus hidung bintang untuk mengenali mangsanya seperti serangga air, cacing, dan moluska.

Hap, Si Pelahap Cepat!
Tikus hidung bintang merupakan binatang pemburu dan pelahap tercepat. Bayangkan saja! Tikus ini bisa mengenali dan melahap mangsanya lebih cepat dari kedipan mata manusia! Ckckck...

Tikus ini hanya membutuhkan waktu 120 milidetik untuk mengetahui keberadaan mangsanya dan memakannya. Otaknya bisa memutuskan apakah si mangsa dapat dimakan atau tidak dalam waktu 8 milidetik!

Tikus Hidung Bintang juga pandai mengenali mangsanya di bawah air. Caranya, tikus ini akan mengeluarkan gelembung udara ke mangsanya. Kemudian, dia akan menghirup kembali gelembung udara tadi untuk mencium bau mangsanya. Hihihi... cerdik ya!

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
  • Tikus hidung bintang adalah seekor tikus perenang, penyelam dan penggali yang jago loh!
  • Tikus hidung bintang hidup di Kanada dan Amerika Serikat bagian utara.



-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
sumber : Majalah Bobo Edisi 34 Tahun XXXVII
Share:

0 Comments:

Posting Komentar