Selasa, 09 Juli 2013

Hal-hal yang Dapat Menghalangi Shalat Khusyuk

Assalammu'alaikum :)
Hari ini udah ada yang puasa ya? :D Okesip, selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya ^_^ Semoga tahan ya sampai Maghrib :D, kalo Lydia sih besok puasanya~ :3
Lanjut yuk baca postingan tentang Shalat Khusyuk :) Jangan lupa klik Baca Selengkapnya »

1. Gambar atau ornamen-ornamen yang menarik perhatian.
Aisyah r.ha. pernah mempunyai kelambu berwarna-warni di rumahnya, kemudian Rasulullah memintna agar menyingkirkannya karena menganggung shalat beliau. (H.R. Bukhari)

2. Cuaca yang panas atau dingin.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw bersabda, "Apabila panas sangat menyengat maka tunggulah waktu dingin untuk menunaikan shalat. Sebab, panas yang menyengat itu sebagian dari embusan Neraka Jahanam." (H.R. Bukhari dan Muslim)

3. Pakaian yang terlalu mencolok, berwarna, dan banyak tulisannya.
Diriwayatkan dari Aisyah r.ha. bahwa Nabi saw shalat dengan mengenakan pakaian yang bercorak garis, beliau pun melihat pada coraknya. Seusai shalat, beliau bersabda, "Bawalah pakaian ini ke Abu Jahm bin Hudzaifah, dan tukarlah dengan pakaian yang tidak bercorak karena tadi shalatku terganggu karenanya." (H.R. Muslim)

4. Makanan yang telah dihidangkan.
Rasulullah saw bersabda, "Tidak ada shalat jika makanan telah dihidangkan." (H.R. Muslim)

5. Menahan buang air besar, buang air kecil, dan buang gas.
Rasulullah saw bersabda, "Tidak ada shalat jika makanan telah dihidangkan dan tidak pula dalam keadaan ia menahan dua hal yang buruk (maksudnya buang air kecil dan buang air besar)." (H.R. Muslim)

6. Mengantuk.
Rasulullah saw bersabda, "Jika salah seorang dari kalian mengantuk ketika shalat, maka, hendaklah ia tidur, sampai ia mengetahui apa yang ia ucapkan (maksudnya dalam shalat)." (H.R Bukhari)

7. Suara-suara bising di sekitarnya.
Rasulullah saw bersabda, "Janganlah kalian shalat di belakang orang yang sedang tidur dan orang yang sedang berbicara. Sebab, orang yang sedang berbicara bisa memalingkan(mu) dengan ucapannya dan orang yang sedang tidur terkadang menampakkan sesuatu yang bisa memalingkan(mu) darinya." (H.R. Abu Dawud)

8. Menoleh ketika shalat.
Diriwayatkan dari Abu Dzar bahwa Rasulullah saw bersabda, "Allah 'Azza wa Jalla senantiasa ada di hadapan seorang hamba dalam shalatnya selama ia tidak menoleh. Jika ia berpaling maka Allah berpaling darinya." Rasulullah saw ditanya tentang menoleh dalam shalat, maka, beliau bersabda, "Itu adalah satu sambaran/curian syaitan dari shalat seorang hamba." (H.R. Bukhari)

9. Melihat ke atas.
Sabda Rasulullah saw, "Jika salah seorang dari kalian sedang shalat, maka, jangan mengangkat pandangannya ke langit." (H.R. Ahmad)

10. Banyak maksiat dan dosa.
Sesungguhnya Allah swt adalah baik dan tidak mengabulkan (menerima), kecuali yang bai-baik. Allah swt menyuruh orang mukmin sebagaimana Dia menyuruh para rasul, sebagaimana firman-Nya dalam surah Al-Mu'minun [23]: 51, "Wahai rasul-rasul, makanlah dari makanan-makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal yang shalih." Allah swt juga berfirman dalam surat Al-Baqarah [2]: 172. "Wahai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik."

Kemudian, Rasulullah saw menyebut seorang yang melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut dan wajahnya kotor penuh debu menengadahkan tangannya ke langit seraya berseru, "Ya Rabb-ku, Ya Rabb-ku", sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya hara, dan dia diberi makan dari yang haram pula. Rasulullah saw bersabda, "Jika begitu, bagaimana Allah akan mengabulkan doanya?" (H.R. Muslim)

Cukup sekian dari, Lydia :)
Wassalammu'alaikum...
Share:

0 Comments:

Posting Komentar