Rabu, 03 Juli 2013

Keajaiban Kaca

Siapa tidak kenal kaca? Kaca itu benda padat, bening, dan mudan pecah. Kaca adalah benda paling ajaib bagi ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia sehari-hari. Manusia dapat melihat bayangan dirinya karena kaca. Manusia dapat melihat benda yang super kecil karena kaca. Manusia juga bisa melihat benda super jauh berkat kaca. Hmm, kenapa bisa begitu ya?

Sahabat Cahaya
Kaca dan cahaya sangat bersahabat. Soalnya, kaca tidak pernah menghalangi cahaya lewat. Yaps, cahaya dapat menembuh kaca, padahal cahaya tidak dapat menembus benda padat yang lain. Kadang-kadang kaca menghambat cahaya dengan cara unik. Cahaya jadi berbelok saat dihambat kaca. Kaca yang dapat membelokkan cahaya disebut lensa.

Bikin Kaca itu Heboh
Membuat kaca itu sangat rumit. Tidak semua negara dapat membuat kaca. Terutama kaca yang super besar dan super bagus.

Super Panas
Kaca dibuat dari pasir kwarsa. Pasir kwarsa dipanaskan sampai 2.300°C. Wow, puanasnya luuaaar biasa! Karena itu, kaca membutuhkan bahan bakar sangat banyak untuk memanaskan tungku api. 

Super Dalam
Pernahkah kamu merasakan jendela atau rumah bergetar saat ada truk lewat? Rupanya, getaran terasa kuat di atas permukaan Bumi.

Orang harus membangun bangunan di dalam tanah hanya untuk membuat kaca. Ruangan bawah tanah itu bisa sedalam 200 meter. Getaran tidak terasa di ruangan bawah tanah. Hasilnya, permukaan kaca jadi rata!

Super Lama
Ssst, lelehan kaca yang super panas tidak boleh didinginkan buru-buru. Jika didinginkan buru-buru, kaca jadi retak. Mendinginkan kaca memerlukan waktu 10 bulan. Wuaahh, lama sekali!

Pabrik kaca dilengkapi air banyak sekali agar dingin. Biasanya, pabrik kaca memakai bekas reaktor nuklir. Hmm, di dunia ini negara yang punya pabrik kaca adalah Amerika, Rusia, Jepang dan Inggris.

Suka Gravitasi
Kamu tahu gravitasi Bumi? Gravitasi Bumi adalah gaya tarik yang disebabkan Planet Bumi. Semakin ke atas dari permukaan Bumi, gaya gravitasi Bumi semakin kecil. Sebaliknya, gaya gravitasi Bumi semakin besar jika kita semakin dalam masuk permukaan Bumi. Ruangan bawah tanah diperlukan untuk membuat lensa dan cermin. Lensa dan cermin melengkung sempurna jika di ruangan bawah tanah.


Tiga Keajaiban Kaca
1. Kecil jadi Besar
Lensa dapat memperbesar bayangan sebuah benda. Lensa jenis ini sering disebut kaca pembesar.

2. Jauh jadi Dekat
Lensa dapat ditumpuk jadi satu. Semakin banyak tumpukan lensa, maka bayangan benda semakin besar. Artinya, benda yang jauh terlihat dekat. Benda yang kecil juga terlihat besar. Karena itu, teleskop terdiri dari tumpukan banyak lengsa. Hmm, bulan di langit tampak besar dan penuh lubang jika dilihat dengan teleskop.

3. Pengumpul Cahaya
Cermin suka mengumpulkan cahaya. Cahaya redup jika dikumpulkan dengan cermin jadi lebih terang. Karena itu sebuah teleskop dilengkapi cermin untuk menangkap cahaya bintang yang redup.


Ilmuwan Juga Bisa Lupa
Kamu tahu teleskop Hubble yang melayang-layang di antariksa? Ilmuwan lupa satu hal saat membuat teleskop Hubble. Lensa teleskop Hubble dibuat di ruangan bawah tanah dan dipengaruhi gravitasi Bumi yang sangat besar. Akibatnya, bentuk lensa teleskop Hubble berubah saat ditaruh di antariksa. Karena gravitasi Bumi di antariksa sangat kecil!


sumber : Majalah Bobo Edisi 11 Tahun XXXVII
Share:

0 Comments:

Posting Komentar