Senin, 08 Juli 2013

Tips Shalat Khusyuk

Assalammu'alaikum :)
Setelah Lydia bikin postingan tentang 'Menggapai Indahnya Shalat Khusyuk' sekarang Lydia mau bikin 'Tips Shalat Khusyuk', disimak terus ya ;) Jangan lupa klik Baca Selengkapnya »

1. Mempersiapkan diri untuk melaksanakan shalat, seperti menyempurnakan wudhu beserta sunnah-sunnahnya, mempersiapkan pakaian, dan tempat shalat yang baik.
Allah swt berfirman, "Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masji, makan, dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (Q.S. Al-A'raf [7]: 31)

2. Thuma'ninah, yaitu berhenti sejenak pada tiap-tiap rukun shalat.
Rasulullah saw bersabda, "Seburuk-buruk pencuri adalah pencuri shalat." "Bagaimana bisa begitu ya Rasulullah?", tanya sahabat. Rasulullah menjawab, "Mereka tidak menyempurnakan ruku' dan sujudnya." (H.R Ahmad dan Al-Hakim)

3. Mengingat kematian saat shalat.
Rasulullah saw berpesan kepada Abi Ayyub r.a., "Apabila kamu berdiri untuk melaksanakan shalat maka shalatlah seperti orang yang pamitan (pergi tak kembali). (H.R. Ahmad)

4. Menghayati bacaan-bacaan shalat, yaitu dengan cara mengetahui arti dan makna dari ayat, doa, atau dzikir yang dibaca.
Diriwayatkan oleh Aisyah r.a. bahwa pada suatu malam ketika melakukan shalat, beliau tidak henti-hentinya menangis. Bilal bertanya, "Ya Rasulullah, mengapa Engkau menangis, padahal Allah telah mengampuni dosa-dosamu yang lalu ataupun yang akan datang?", Beliau menjawab, "apakah aku tidak boleh menjadi hamba yang pandai bersyukur? Sesungguhnya pada malam ini telah diturunkan kepadaku ayat-ayat yang menunjukkan kecelakaan bagi orang-orang yang membacanya, tetapi tidak merenungi dan menghayati isinya." (H.R. Ibnu Hibban)

5. Membaca ayat-ayat dengan tartil (tidak tergesa-gesa).
Allah swt berfirman, "... Dan bacalah Al-Qur'an itu dengan perlahan-lahan." (Q.S. Al-Muzammil [73]: 4)

6. Melakukan gerakan-gerakan shalat sesuai dengan tuntunan yang disyariatkan.
Ketika takbir, meletakkan kedua tangan, ruku', sujud, duduk, dan seterusnya dilakukan sesuai dengan tuntunan. Tidak membuat cara-cara sendiri, sehingga akhirnya menyalahi tuntunan Rasulullah saw.

7. Memfokuskan pandangan mata pada tempat sujud.
Diriwayatkan dari Aisyah r.a., "Rasulullah saw ketika shalat menundukkan kepalanya dan pandangannya tertuju ke tempat sujud." (H.R. Al-Hakim)

8. Berdoa dalam shalat.
Rasulullah saw bersabda, "Kondisi paling dekat antara hamba dan Tuhannya adalah saat sujud maka perbanyaklah berdoa." (H.R. Muslim)

9. Mengingat Allah dan merasa takut kepadanya.

10. Meninggalkan maksiat dan dosa.

Oke,sekian dari Lydia ;)
Wassalammu'alaikum..
Share:

0 Comments:

Posting Komentar