Sweet Memories
ENTRY ABOUT LINKS STUFFS FCBOOK TWITTER NEWER OLDER FOLLOW


Rabu, 03 Juli 2013 - Permalink - 0 pink(s)
Papua Nugini adalah salah satu tetangga dekat negeri kita. Letaknya berbatasan langsung dengan Papua. Papua Nugini adalah negeri yang kaya. Mau tahu kekayaannya?

Kaya Bahasa
Papua Nugini terdiri dari banyak suku. Banyak di antara mereka tinggal di daerah terpencil. Tiap-tiap suku memiliki bahasa sendiri.

Konon, bahasa yang digunakan di Papua Nugini jumlahnya kira-kira 850 bahasa. Hampir tiap daerah punya bahasa sendiri. Bahkan, ada satu daerah yang memiliki beberapa bahasa. Tentu, tidak semua orang bisa memahami bahasa sebanyak itu. Sebagai sarana komunikasi, orang-orang Papua Nugini menggunakan bahasa Tok Pisin, Hiri Motu, bahasa Inggris, dan bahasa Portugis.

Kaya Budaya
Selain kaya bahasa, Papua Nugini juga kaya budaya. Setiap suku memiliki adat istiadat dan kebudayaan sendiri. Adat istiadat dan kebuadayaan mereka tetap lestari hingga sekarang.

Berbagai pertunjukan kebudayaan sering digelar di tiap daerah. Ada tarian, nyanyian, dan berbagai upacara adat.

Salah satu pertunjukan yang sering digelar adalah Baining Fire Dancers. Tari-tarian ini digelar dalam sebuah upacara untuk menyambut kelahiran anak, merayakan anak laki-laki yang mulai dewasa, dan saat panen.

Ada juga tarian Asaro Mud Men. Disini, semua laki-laki yang ikut menari, seluruh tubuhnya dilumuri lumpur. Konon, tarian ini berasal dari legenda tentang suatu suku yang dikejar musuh. Orang-orang yang dikejar kemudian menceburkan diri ke sungai Asaro. Saat muncul dari sungai, tubuhnya sudah penuh lumpur. Melihat itu, musuh-musuh ketakutan karena mengira itu hantu. Kini, upacara ini juga dijadikan acara untuk mengusir roh-roh jahat.

Ada juga tarian selamat datang. Namanya Huli Wigmen. Tarian ini biasa diadakan di daerah Highland untuk menyambut tamu. Tarian ini menceritakan keramahtamahan orang Papua Nugini, sambil menyatakan kalau mereka bukan bangsa kanibal seperti yang ditakutkan banyak orang asing. Saat menari, mereka mengenakan pakaian tradisional dan menghiasi wajah. Festival lain yang cukup terkenal adalah Festival Goroka dan Festival Kano di Alotau. Oya, masyarakat Papua Nugini juga senang membuat kerajinan loh. Ada ukiran kayu, topeng yang dihias dengan rambut, kerang, taring binatang, tas tali, kain, dan pot dari tanah liat.

Festival Goroka

Kaya Burung dan Kupu-Kupu
Bagi pengamat burung, negeri Papua Nugini merupakan tempat yang tepat. Ya, sebab di sana terdapat lebih dari 700 jenis burung yang sangat indah. Beberapa di antaranya, bahkan sudah langka. 

 Burung Mambruk Victoria, salah satu jenis burung di Papua Nugini

Tak hanya burung indah, hutan Papua Nugini juga memiliki banyak kupu-kupu berukuran besar dan bersayap indah. Seperti, jenis Hercules Moth dan Birdwing Butterfly.

Kupu-Kupu Hercules Moth

Kaya Anggrek
Masuk hutan untuk menikmati keindahan bunga anggrek langka pun banyak dilakukan para turis. Konon, jenis anggrek di Papua Nugini paling banyak dibanding dengan negara mana pun. Mau tahu jumlahnya? Ada sekitar 3.000 jenis, loh!

Kaya Terumbu Karang
Keindahan alam bawah lau Papua Nugini juga tak diragukan lagi. Banyak penyelam sengaja datang dari jauh untuk menikmati indahnya terumbu karng yang ada di sana.

Benar-benar kaya, ya, negeri Papua Nugini!

sumber : Majalah Bobo Edisi 08 Tahun XXXVIII


Poskan Komentar